Blog, Alat Komunikasi Andal Bisnis Online

SEMARANG - Menggarap weblog atau biasa dikenal dengan blog untuk sebuah bisnis online, saat ini dirasa penting untuk mendekatkan diri dengan konsumen. Kemudahan membuat blog ini menurut Dekan Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata Ridwan Sanjaya SE S.Kom MS.IEC, terus meningkatkan jumlah penggunanya karena cocok sekali bagi para pemula.

"Berdasarkan data dari Technorati pada bulan Agustus 2007 tercatat ada 94 juta blog, sementara pada Oktober 2005 baru 14 juta saja. Dan 80 ribu blog terdaftar setiap hari," jelasnya dalam Seminar Pemanfaatan Blog untuk Bisnis Online yang digelar oleh Indonesia Marketing Association (IMA) S.C. Undip di Aula Kandatel Telkom Johar, baru-baru ini.

Ridwan yang juga pengasuh Rubrik Konsultasi Internet Suara Merdeka mengungkapkan, media blog yang dikemas dengan baik oleh seorang pebisnis atau perusahaan apapun, akan menjadi alat komunikasi yang andal dalam mempromosikan produk atau jasanya. Dengan berbagai fasilitas seperti tak perlu membuat desain, kemudahan untuk menulis, dan menambahkan foto, catatan blog dapat di-update dengan cepat. "Pengunjung blog juga bisa memberikan komentar atau feedback yang nantinya bisa jadi masukan apakah produk anda memang disukai atau perlu diperbaiki."

Tempat Berbagi

Dengan demikian, selain membangun kepercayaan dengan komunitas, pemilik blog juga bisa mengembangkan ide dan pemikiran. Menurut dia, blog nantinya tidak hanya sekedar berjualan atau memasang produk saja. Lebih dari itu, blog juga bisa menjadi tempat berbagi dan mendapatkan pengetahuan berupa informasi atau edukasi bagi masyarakat.

"Misalnya usaha bakso, tak hanya pasang produk dengan kemasan menarik tetapi bisa diisi informasi mengenai formalin atau borax yang waktu itu sedang heboh-hebohnya. Jadi ketika orang mengetik kata kunci formalin dari situs pencari seperti google, tampilan blog akan keluar," imbuhnya.

Beberapa penyedia layanan blog gratis diantaranya adalah www.blogspot.com, www.blogger.com, multiply.com, friendsterblogs.friendster.com, dan blog.indosiar.com.

"Mudah saja tinggal buka penyedia layanan tersebut, daftarkan diri, isi formulir disana, berikan nama blog, pilih desain dan selesai," ujarnya. (J14-59)

sumber : www.suaramerdeka.com

No comments:

Post a Comment

Instagram