(Bagian II) Perjalanan ke Munas IMA 2008 dan Markplus Conference 09

Inilah puncak kegiatan perjalanan IMA S.C. Undip ke Jakarta pada tanggal 10-11 Desember 2008. Markplus Conference 09 adalah sebuah acara konferensi marketing yang diselenggarakan oleh Markplus Inc, sebuah perusahaan konsultan marketing milik Hermawan Kartajaya, dan acara ini rutin diselenggarakan mulai tahun 2007 (Markplus Conference 08). Pada tahun 2007 jumlah peserta mencapai 1800 peserta, sebuah pencapaian yang baik untuk acara yang baru pertama kali dibuat di Indonesia, bahkan di asia. Namun untuk tahun 2008 ini, Markplus Conference 09 mengikutsertakan 4000 peserta!!. Jika dibandingkan angkanya dengan tahun sebelumnya mencapai 2 kali lipat lebih, ini merupakan sebuah kesuksesan bagi Markplus Inc. Acara ini di ikuti oleh lebih dari 2000 marketer perusahaan, 1000 kolega Markplus Conference dan sisanya adalah para peserta yang mengikuti acara ini dengan semangat marketing.

Kami berangkat pagi-pagi sekali dengan memakai seragam IMA S.C. Undip, sebagai informasi hanya kita yang memakai Seragam IMA yang lainnya memakai pakaian resmi, hehe. Kami khawatir dengan kemacetan DKI Jakarta yang terkenal ganas itu, apalagi acara ini diselenggarakan di segitiga emas SCBD Sudirman tepatnya di Pasific Place, the Ritz-Carlton Hotels Jakarta. Pukul 6 pagi kami sudah berangkat dari rumah Hendy yang berada di Bilangan Meruya Ilir, Kebon jeruk. Namun tanpa di sangka perjalanan menuju Pasific Place ternyata lancar-lancar saja. Kami sampai di Pacific Place pada pukul 7.30 padahal acara dimulai pada pukul 9.00. Alhasil kami menunggu sekitar 1 jam lebih. Disaat kami menunggu, ada rekan dari IMA S.C. NHI yang juga datang, Reni yang sedang magang di Jakarta menyempatkan diri untuk hadir pada acara tersebut sedangkan rekan-rekan IMA S.C. lainnya tidak dapat bergabung. Jadi bisa dibilang hanya IMA S.C. Undip yang mewakili Sub Chapter se-Indonesia.

Penantian kami pun berakhir pada pukul 9, pintu ballroom the Ritz-Carlton Hotels dibuka. Ruangan dibagi menjadi 3 stage, dimana terdapat Mobile stage by Indosat, Experiential Stage by MetroTV, dan Social Stage by Djarum Black. Acara yang menyusung tema “Riding the New Wave, Are you Ready to take-off?” ini sangat meriah. Setelah para peserta mengisi seluruh bangku yang disediakan, acara pun di mulai. Sambutan dari Hermawan Kartajaya, menteri komunikasi dan informatika bapak Muhammad Nuh dan terakhir sambutan dari Dekan Nanyang Business Scholl, bapak Prof. Jitendra Singh memulai acara ini.

Acara dimulai dengan pemaparan marketing dalam pandangan Hermawan Kartajaya pada tahun 2009. Era New Wave sudah menghempas kita, di zaman modern seperti ini teknologi sudah sangat membantu kita dalam berkomunikasi dan berbisnis. Dengan munculnya Internet 2.0, kita semakin dipermudah dalam memenuhi kebutuhan emosional maupun fisik melalui internet, kita dapat membeli barang lewat internet, menelepon via internet, melakukan video call via internet, dll. Era New Wave telah membawa kita ke dunia marketing yang jauh lebih cepat, lebih sensitif, dan lebih fluktuatif. Konsep Marketing-mix telah berubah menjadi Crowd-Combo. 9 core elements of marketing telah bergeser ke 12 C’s of Marketing. Semua berkembang. Maka dari itu tag-line “New Life, New Wave”-nya Hermawan Kartajaya menunjukan bahwa, paradigma umur 61 adalah kemunduran bagi seseorang, bagi dia di umur 61 ini New Wave Marketing yang dia buat akan menghidupkan kembali hidupnya.

Selanjutnya Materi-materi New Wave di berikan melalui 3 stage yang berbeda. Untuk dapat mengambil ilmu dari acara tersebut, maka kami membagi-bagi masing-masing stage. Padahal, kalau bisa kami semua ingin menghadiri masing-masing stage. Bima di Mobile Stage, Hendy di Experiential Stage dan Adji di Social Stage. Materi yang disajikan pada masing-masing stage sangat menarik. Para pembicara berasal dari para marketer eksekutif dan para praktisi bisnis di bidangnya masing-masing yang sudah sangat profesional dalam profesinya masing-masing.

Acara dimulai dari pukul 13.00-16.00 yang terbagi menjadi 3 sesi dan diselingi dengan coffe break. Setelah keseluruhan materi rampung diberikan, acara terakhir adalah peluncuran Kompas Entertainment. Hadir juga pada acara tersebut Dedy Corbuzier, Dani Ahmad, the Rock, dan Dewi-Dewi. Setelah acara peluncuran kompas entertainment selesai, ada acara door prize. Sebelumnya kami sudah menyebarkan kartu nama kepada para kenalan yang kami temui di acara tersebut dengan harapan dapat membuka kerjasama baru yang bermanfaat, namun kali ini kartu nama dikumpulkan untuk mengundi door prize. Dan Hendy berhasil mendapatkan doorprize sebuah digicam !!. selamat untuk Hendy.

Kami pulang pada pukul 21.30. sungguh melelahkan, menghadiri acara Markplus Conference dari jam 6 pagi dan baru pulang pada pukul 21.30. Namun semua ini sangat berarti dan rasa lelah yang diterima tergantikan dengan hadiah-hadiah yang kami dapatkan dari acara Markplus Conference 09. Semoga di markplus conference berikutnya kita bisa di undang kembali, amin. Salam Marketing, Salam New Wave.

Oleh: (HendyWinardi@gmail.com)

No comments:

Post a Comment

Instagram