Fieldtrip Suara Merdeka

Dear Marketers!

 

Hari ini (12/4) kami beruntung sekali karena mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke harian Suara Merdeka Semarang. Tidak hanya untuk anggota internal IMA S.C UNDIP, kegiatan fieldtrip ini juga di ikuti beberapa peseta lain dari luar IMA S.C UNDIP. Kegiatan yang berlangsung dari jam 9 hingga jam 12 siang ini, di awali dengan info session dan tanya jawab yang di pandu oleh dua redaktur harian Suara Merdeka. Di dalam sesi ini, terlihat bagaimana antusias para peserta yang sangat besar. Puluhan pertanyaan yang di ajukan peserta dengan  baik di tanggapi oleh pihak Suara Merdeka dengan sabar. Disini kami banyak di jelaskan hal-hal apa saja yang membuat sebuah berita layak untuk diterbitkan. Sebuah berita, setidaknya harus memenuhi aspek 5W+1H dan dapat di pertanggungjawabkan isi beritanya. Tidak hanya itu, sebuah berita juga harus memiliki nilai yang di ukur dari seberapa penting berita tersebut, keluarbiasaan, kemenarikan dan kedekatan dengan para pembacanya sebagian besar berada di daerah Jawa Tengah.

Setelah info session dan sesi tanya jawab yang berlangsung 1,5 jam, kami semua di ajak untuk menuju ruang redaksi. Di dalam ruang redaksi, kami di jelaskan tentang proses layouting dan bagimana bagian-bagian berita di satukan agar menjadi sebuah koran yang utuh.

Puas di ruang redaksi, kami melanjutkan perjalanan ke bagian percetakan. Proses percetakan yang biasa berlangsung pukul 00.00—02.00 ini, perharinya menghasilkan sekitar 150.000 ekslemper koran. Beruntungnya, saat kami ada di sana salah satu mesin sedang beroperasi untuk tes mencetak ‘jacket koran’ yang berisi iklan suatu produk.

Tidak terasa, 3 jam berlalu dan kunjungan harus berakhir. Kami berfoto bersama di depan kantor Harian Suara Merdeka bersama-sama.

Terimakasih kepada Harian Suara Merdeka yang telah mengajak kami berkeliling untuk dapat menyaksikan bagaimana perjalanan yang di butuhkan untuk membuat sebuah koran. semoga acara seperti ini dapat berlanjut pada kesempatan yang akan datang. (clara)

Foto - foto dapat dilihat disini

 

No comments:

Post a Comment

Instagram