TIPS PANDAI MENJUAL


     
Dalam sebuah studi mengatakan bahwa marketing merupakan darah bagi suatu usaha, karena tanpa strategi marketing yang baik suatu usaha tidak akan dapat berkembang hingga menyebabkan kegagalan.
            Berikut merupakan beberapa #Tips Pandai Menjual dalam pemasaran agar usaha anda dapat terus berkembang dan dapat bertahan seiring perkambangan globalisasi yang menuntut adanya persaingan dalam semua bidang.

1.      Temukan tingkat kenyamanan, ambil ilmu dari usaha sejenis lebih dahulu, cari mentor.
Kenapa dengan menemukan tingkat kenyamanan? Tingkat kenyamanan seseorang dalam suatu usaha akan menentukan kegigihannya walau dia sedang tidak merasa berjuang, layaknya bermain dengan strategi yang cemerlang.
Ilmu dalam usaha anda akan mempercepat usaha dalam menuju kesuksesan. Saat anda memiliki ilmu usaha usaha yang akan anda geluti, tentu anda akan mengetahui poin lebih dari usaha yang berkembang, dan mengetahui poin kurang dari usaha anda.
Cari seorang mentor yang tepat untuk membimbing usaha anda sehingga permasalahan yang terjadi pada usaha anda dapat dengan cepat terselesaikan. Dengan mempunyai seorang mentor tentunya dia dapat membimbing dan mengarahkan anda dalam setiap tindakan pengambilan keputusan sehingga dapat meminimalisir resiko kegagalan.
2.   Tentukan target konsumen, batasi segmen usaha penjualan anda.
Target konsumen dengan pembatasan segmen usaha penjualan akan menjadikan anda memiliki nilai lebih karena anda semakin focus dengan apa yang anda miliki.
3.      Pelajari budaya membeli konsumen, kenali perilaku konsumen anda, sesuaikan harga dengan Kualitas.
Ungakapan “Pembeli adalah Raja” hingga sekarang tentu masih melekat di benak para Pengusaha, hal yang akan menjadikan usaha anda sukses atau gagal. Dalam hal ini sebagai seorang pelaku usaha kita harus memberikan layanan yang baik kepada konsumen agar mereka puas terhadap produk/jasa yang ditawarkan sehingga mereka melakukan pembelian ulang terhadap produk kita.
Kemudian, Pelajarilah perilaku konsumen dengan melakukan survey sederhana di usaha kompetitor yang sejenis agar Anda mendapatkan informasi mengenai kualitas rasa, harga dan pelayanan yang sesuai untuk konsumen.
4.      Perlakukan 100 konsumen pertama sebaik mungkin untuk membangun Power of Mouth seawal mungkin.
100 Konsumen pertama yang puas dengan Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan Anda, hingga merasa bahwa Usaha anda patut untuk didatangi lagi, mereka akan merekomendasikan usaha anda kepada teman-teman mereka sehingga konsumen baru akan selalu berdatangan kepada Usaha anda.
100 Konsumen pertama anda bisa mendapatkannya dari Teman terdekat anda, Dosen anda, Teman satu Organisasi dan Orang baru yang tertarik dengan promosi Anda.
Promosi usaha saat anda membuka, diusahakan promo yang dapat menarik pelanggan agar mereka mau datang ke usaha Anda.
5.      Sisihkan waktu untuk membangun relasi, jika konsumen tidak menyukai anda, transaksi penjualan takkan pernah terjadi.
Dekatilah konsumen yang telah mencoba produk Anda, selalu pantau apa yang mereka keluhkan dan apa yang mereka inginkan.
Diharapkan dengan Anda membangun relasi terhadap konsumen, loyalitas mereka terhadap Produk Anda semakin meningkat.
6.      Pertahankan relasi yang telah anda bangun, cari cara untuk menjaganya.
Menjaga konsumen lebih sulit disbanding mengambil konsumen baru. Temukan hal menarik yang membuat konsumen harus datang kepada usaha anda.
Live Music, Stand up Comedy, Pelayanan yang cepat mungkin bisa anda terapkan dalam usaha Anda.
7.      Jangan pernah berasumsi, lebih baik tanyakan kepada konsumen hal-hal yang ingin Anda ketahui.
Karena konsumen adalah raja, tanyakanlah apa yang masih kurang dalam usaha anda, perhatikan mereka dengan baik, tentukan tindakan untuk menjadikan keluhan mereka sirna.
8.      Buat agenda harian, sisihkan waktu Anda, rencanakan target penjualan.
Poin 6 bisa anda agendakan setiap minggunya, sehingga karakteristik usaha Anda semakin terbentuk dengan adanya kegiatan ini.
Target penjualan yang realistis harus Anda tetapkan seawal mungkin, saat penjualan kurang dari target, jangan Anda kurangi targer Anda, melainkan cari solusi untuk mencapai target Anda.
9.      Perlihatkan kesuksesan Anda, masukkan testimoni di setiap pengalaman bisnis.
Testimoni yang baik dari seorang yang well-known oleh target pasar Anda akan meningkatkan reputasi usaha Anda.
10.  Jadikan diri Anda pakar di bidang yang Anda geluti, bangun kredibilitas melalui tulisan.
Dengan Anda menjadi pakar dibidang yang Anda geluti, tentu usaha Anda untuk mengembangkan nya tidak akan gagal, walau melakukannya tidak semudah dengan seperti membalikkan telapak tangan.

Article by : Ali Rahmat Iqbal - Division of HRD

No comments:

Post a Comment

Instagram