HADAPI MEA 2015, INDONESIA SIAP DI SEKTOR INDUSTRI NAMUN LEMAH DI SEKTOR JASA...



Sourceimg: indonesia.kontan

Salam Marketing Indonesia..

Hai marketers. Pada kesempatan kali ini masih akan membahas informasi seputar MEA. Tahukah marketers? Menyongsong 2015 nanti, ternyata para negara anggota ASEAN telah membuat kesepakatan bersama mengenai sektor-sektor apa saja yang nantinya akan diperdagangkan secara resmi dan bebas di pasar MEA.
Berdasarkan kesepakatan ASEAN diperoleh hanya delapan yang akan diperdagangkan dari sektor jasa, di antaranya yaitu jasa medical (pengobatan/dokter), jasa nurse (perawat), jasa arsitektur, jasa engineering (tenaga ahli), jasa dental (dokter gigi), jasa akunting, jasa tenaga survei, dan jasa tourisme (pariwisata).

Sebenarnya jika kita perhatikan, peluang Indonesia atas 8 sektor jasa tersebut cukup besar untuk menguasai pasar tenaga kerja di ASEAN, apabila sektor ketenagakerjaan di dalam negeri kita terus ditingkatkan dan diperbaiki termasuk kualitas dan kuantitasnya. Selain itu sangat penting pula memperbaiki sistemnya seperti regulasi dan sertifikasi yang telah ada.
Sourceimg: economy.okezone.com
Namun, pada kenyataannya saat ini dilihat dari kualitas tenaga kerja, Indonesia hanya unggul di dua sektor yaitu sektor pariwisata dan sektor otomotif. Hal tersebut karena kedua sektor sudah siap dengan sertifikasi dan standardisasi dari aktivitas produksi hingga pengembangan. Lain halnya dengan sektor tenaga kerja lainnya yang masih cukup tertinggal sehingga masih terus diperlukan upaya pengejaran standarisasi dan peningkatan kualitas.
          Sementara itu, sampai saat ini, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Ansari Bukharioptimis pada perkembangan sektor industri nasional. Menurut beliau berdasarkan survei kondisi yang telah dilakukan, industri nasional tidak akan mendapat goncangan kencang saat masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) diberlakukan di akhir tahun 2015. Bahkan jumlah pelaku industri sendiri diklaim tidak akan mengalami penyusutan.
Melihat kondisi tersebut sudah seharusnya bukan Indonesia menguasai banyak sektor yang nantinya akan diperdagangkan? Setidaknya empat sektor jasa agar tidak dikuasai oleh negara tetangga, seperti sektor logistik, jasa, kesehatan, dan pariwisata agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri seperti yang ditekankan oleh Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI.
 Lantas, bagaimanakah peran kita, wahai marketers muda dalam berkontribusi dan bersaing menghadapi kompetisi berbagai sektor di MEA 2015? SO, LET’S GET PREPARED, NOTHING IS IMPOSSIBLE !    

Referensi:


Last but not least, tetap kunjungi linimasa IMASCUNDIP via blog, web, dan twitter kami J

Compiled by Anggit Vikasari

No comments:

Post a Comment

Instagram