Seberapa Siapkah Kamu Menghadapi MEA?


Source: aseanbac.ph


Salam Marketing! 
Hai marketers, masih adakah di antara kalian yang belum mengetahui apa itu MEA atau AEC? Tinggal sebulan lagi lho kita bakal resmi jadi anggota MEA.  Yakin deh, para marketers pasti sudah paham tentang MEA kan. MEA...memang apasih min?

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) atau di pasaran global ASEAN sendiri lebih dikenal dengan AEC (ASEAN Economy Community) merupakan bentuk implementasi kesepakatan perdagangan bebas negara-negara ASEAN (AFTA) yang akan digencarkan mulai tahun 2015 mendatang, dimana diharapkan dapat meningkatkan daya saing ekonomi bangsa yang mengubah kelompok ekonomi menjadi pasar dan basis produksi tunggal.

Nah, lantas bagaimana sih ketenaran MEA sendiri di mata masyarakat? Sampai saat ini sebenarnya masih banyak masyarakat Indonesia yang sama sekali belum tahu terlebih paham mengenai apa itu MEA, hal tersebut bukan hanya dari masyarakat biasa tetapi di kalangan mahasiswa pun masih banyak yang belum mengetahui MEA itu sendiri.

Berdasarkan data hasil survei dan sosialisasi di tahun 2013 saja, menurut Direktur Eksekutif Core Indonesia Hendri Saparini mengatakan bahwa sosialisasi MEA yang telah dilakukan pemerintah tercatat masih belum optimal 100 persen, karena sosialisasi baru dilaksanakan di 205 kabupaten dari jumlah 410 kabupaten yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Nah, para marketers yang berperan sebagai pemuda berbau harum dan penerus bangsa, terlebih mahasiswa berjiwa bisnis setia, hal-hal apa saja sih yang harus kita persiapkan dalam membantu menyambut MEA? Disini, saya akan memberikan tips sedikit bagaimana menghadapi MEA.

Source: google.doc




   1.     Perdalam dan kembangkan softskill
Source: lintas.me









2.     Ikuti uji kompetensi kampus sesuai bidang studi masing-masing 
Source: minerva.bg




   3.     Persiapkan skor test TOEFL/TOEIC/IELTS sesuai        standar internasional
      
Source: clark.edu




4.     Persiapkan Business Planship ataupun 
      proposal bisnis kemitraan

Source: google.doc




       5.  Kenali tujuan atau orientasi pengembangan 
            bisnis anda termasuk sasaran dan bentuknya





Source: research.unsw.edu.au



6. Lakukan penelitian berkaitan dengan kondisi perkembangan ekonomi dan marketing terlebih MEA atau AFTA di Indonesia


Source: bls.gov

   7. Tingkatkan skill anda dalam hal IT      dan Marketing Management











Coming to know MEA more closer! Get ready that you’re an Executor not an Onlooker of MEA Guys!

Yuk, biar gak ketinggalan info terkait MEA, AFTA, dan sekitarnya tetap kunjungin linimasa IMA via blog, twitter, dan website, have enjoy...J

Compiled by Anggit Vikasari


No comments:

Post a Comment

Instagram