Apa sih Marketing
Communication itu ?
Jadi, Marketing
Communication ( Komunikasi Pemasaran ) adalah sarana yang digunakan
perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, mengajak dan meningkatkan
konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk yang mereka jual.
Komunikasi pemasaran dapat diidentifikasikan sebagai
berikut:
- Mengidentifikasikan pasar dan kebutuhan konsumen atau persepsi konsumen.
- Menggambarkan dan mengoperasionalkan gambar atau persepsi tujuan target group.
- Mengevaluasikan sejumlah perilaku yang tergambar diyakini dapat mencapai tujuan.
Strategi mempromosikan sebuah produk atau perusahan
merupakan strategi pembangunan atribut yang akan dan terus dikenal oleh
konsumen.
Tujuan Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran
bertujuan untuk mencapai tiga tahap perubahan yang ditunjukan kepada konsumen.
Tahap pertama yang ingin dicapai dari strategi
komunikasi pemasaran adalah tahapan perubahan knowledge (pengetahuan), dalam perubahan ini konsumen mengetahui adanya
keberadaan sebuah produk
Tahap kedua adalah perubahan sikap dalam perilaku
konsumen. Perubahan sikap ini ditentukan oleh tiga unsur yang disebut oleh
Sciffman dan Kanuk menunjukkan bahwa tahapan perubahan sikap ditentukan dan conation (perilaku), jika tiga komponen
ini menunjukkan adanya kecenderungan terhadap sebuah perubahan (kognitif,
afektif, dan konatif). Konsumen Indonesia setiap saat dapat berubah sedikit demi
sedikit menuju tahapan yang disebut ”Knowledge
Social”,
Tahap ketiga, perancang iklan yang bermaksud
membodoh-bodohi konsumen. Perlu disadari bahwa batasan etika ini sebenarnya tidak
bermaksud membatasi kerativitas ide, bahkan memotivasi terjadinya inovasi dan
kreativitas iklan yang lebih tinggi dan membantu pekerja kreatif untuk menciptakan
sebuah iklan.
Jadi Inti
dari Tujuan Komunikasi Pemasaran adalah :
1. Membangkitkan
keinginan akan suatu kategori produk
2. Brand Awarness
3. Intention
4. Memfasilitasi
Pembelian
Fungsi
Komunikasi Pemasaran :
a. Menginformasikan
dan mempromosikan sebuah produk
b. Mendapatkan
pembelajaran dari sebuah produk tentang marketing dan hal- hal yang
bersangkutan dengan penjualan
c. Memberikan insentif
kepada konsumen untuk sebuah percobaan atau penggunaan
Kegiatan Komunikasi Pemasaran meliputi :
- Promosi, yakni aktivitas menjual suatu produk yang bersifat jangka pendek.
- Iklan, gambaran tentang suatu barang atau jasa yang dilakukan seseorang secara langsung tetapi berupa promosi gagasan kreatif
- Pemasaran Langsung, Merupakan pemasaran yang dilakukan melalui media. Media yang digunakan antara lain lewat sms, telepon, fax, email dan lain sebagainya. Biasanya dalam pemasaran langsung ini terjadi dialog langsung untuk meminta tanggapan.
- Penjualan Pribadi, terjadi interaksi tatap muka dengan satu atau beberapa calon pembeli.
- Hubungan Masyarakat dan Pemerintahan, membuat program-program tertentu yang bertujuan untuk mempromosikan barang, atau bertujuan untuk memperlihatkan image positif bagi perusahaan kepada masyarakat.
- Acara khusus dan Pengalaman, perusahaan memberikan sponsor untuk acara-acara yang memiliki kegiatan interaktif di dalamnya.
No comments:
Post a Comment