Marketing Communication



Apa sih Marketing Communication itu ?

Jadi, Marketing Communication ( Komunikasi Pemasaran ) adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, mengajak dan meningkatkan konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk yang mereka jual.

Komunikasi pemasaran dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
  1. Mengidentifikasikan pasar dan kebutuhan konsumen atau persepsi konsumen.
  2. Menggambarkan dan mengoperasionalkan gambar atau persepsi tujuan target group.
  3. Mengevaluasikan sejumlah perilaku yang  tergambar diyakini dapat mencapai tujuan.
Strategi mempromosikan sebuah produk atau perusahan merupakan strategi pembangunan atribut yang akan dan terus dikenal oleh konsumen.

Tujuan Komunikasi Pemasaran
     Komunikasi pemasaran bertujuan untuk mencapai tiga tahap perubahan yang ditunjukan kepada konsumen.
Tahap pertama yang ingin dicapai dari strategi komunikasi pemasaran adalah tahapan perubahan knowledge (pengetahuan), dalam perubahan ini konsumen mengetahui adanya keberadaan sebuah produk
Tahap kedua adalah perubahan sikap dalam perilaku konsumen. Perubahan sikap ini ditentukan oleh tiga unsur yang disebut oleh Sciffman dan Kanuk menunjukkan bahwa tahapan perubahan sikap ditentukan dan conation (perilaku), jika tiga komponen ini menunjukkan adanya kecenderungan terhadap sebuah perubahan (kognitif, afektif, dan konatif). Konsumen Indonesia setiap saat dapat berubah sedikit demi sedikit menuju tahapan yang disebut ”Knowledge Social”,  
Tahap ketiga, perancang iklan yang bermaksud membodoh-bodohi konsumen. Perlu disadari bahwa batasan etika ini sebenarnya tidak bermaksud membatasi kerativitas ide, bahkan memotivasi terjadinya inovasi dan kreativitas iklan yang lebih tinggi dan membantu pekerja kreatif untuk menciptakan sebuah iklan.

Jadi Inti dari Tujuan Komunikasi Pemasaran adalah :
1.   Membangkitkan keinginan akan suatu kategori produk
2.   Brand Awarness
3.   Intention
4.   Memfasilitasi Pembelian

Fungsi Komunikasi Pemasaran :


a.       Menginformasikan dan mempromosikan sebuah produk
b.      Mendapatkan pembelajaran dari sebuah produk tentang marketing dan hal- hal yang bersangkutan dengan penjualan
c.       Memberikan insentif kepada konsumen untuk sebuah percobaan atau penggunaan    

Kegiatan Komunikasi Pemasaran meliputi :
  1. Promosi, yakni aktivitas menjual suatu produk yang bersifat jangka pendek.
  2. Iklan, gambaran tentang suatu barang atau jasa yang dilakukan seseorang secara langsung tetapi berupa promosi gagasan kreatif
  3. Pemasaran Langsung, Merupakan pemasaran yang dilakukan melalui media. Media yang digunakan antara lain lewat sms, telepon, fax, email dan lain sebagainya. Biasanya dalam pemasaran langsung ini terjadi dialog langsung untuk meminta tanggapan.
  4. Penjualan Pribadi, terjadi interaksi tatap muka dengan satu atau beberapa calon pembeli.
  5. Hubungan Masyarakat dan Pemerintahan, membuat program-program tertentu yang bertujuan untuk mempromosikan barang, atau bertujuan untuk memperlihatkan image positif bagi perusahaan kepada masyarakat.
  6. Acara khusus dan Pengalaman, perusahaan memberikan sponsor untuk acara-acara yang memiliki kegiatan interaktif di dalamnya.

No comments:

Post a Comment

Instagram