Strategi Penjualan

Nah, tadi kan sudah membahas mengenai Komunikasi Pemasaran, sudah tau dong sedikit banyak tentang pengertian, tujuan kenapa kita harus belajar komunikasi pemasaran, dan fungsinya. Sekarang, kita akan membahas mengenai strategi penjualan, strategi tak kalah penting dalam proses penjualan loh. Yuk simak penjelasan berikut :

Lakukan interaksi secara intens dengan calon pembeli
Komunikasi pemasaran akan menghubungkan anda dengan pembeli atau calon pembeli. Jika anda ingin produk anda cepat laku maka berkomunikasilah secara intens dengan pembeli. Bisa dilakukan secara rutin jika pembeli anda sudah berlangganan, atau melakukan komunikasi di berbagai awal waktu untuk mendapatkan perhatian calon pembeli.

Gunakan 3 sarana menggapai konsumen
Melakukan strategi pemasaran terdapat 3 sarana yang sering digunakan untuk mendapatkan konsumen. Tiga sarana tersebut diantaranya adalah :

  Face to Face
Jenis ini merupakan komunikasi langsung antara penjual dan pembeli. Keduanya bertemu langsung dan  menjalin komunikasi, memperkenalkan produk dan menawarkan kepada calon konsumen. Komunikasi jenis ini kurang diminati karena memiliki kendala waktu dan biaya yang tidak sedikit.

·   
  
Media cetak
Melalui media cetak anda akan mempermudah melakukan komunikasi pemasaran produk.  Anda bisa memanfaatkan brosur, surat kabar, koran, majalah, spanduk dan stiker sebagai sarana promosi komunikasi pemasaran konsumen kepada anda.Cara ini membutuhkan modal yang lumayan besar. Dikenal pula dengan istilah periklanan. Disinilah tingkat kreativitas sangat dibutuhkan, agar iklan yang kita muat dapat dibaca dan diperhatikan oleh konsumen, maka desainnya pun harus menarik dan mudah diingat. Berikan identitas berupa tagline yang memberikan ciri khas pada produk anda.

Internet

Saat ini internet menjadi salah satu sarana komunikasi pemasaran yang paling populer. Para pebisnis lebih memilih cara ini, karena informasi yang diberikan bisa setiap saat selama 24 jam dan harganya pun lebih terjangaku dibandingkan cara lainnya. Bahkan melalui internet interaksi penjual dan pembeli bisa dilakukan dengan lebih cepat dan jarak jauh. Tak dapat dipungkiri, para wirausaha sudah banyak yang melakukan pemasaran produknya melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, Line, Blog, Website dan media sosial lainnya. Cara ini dianggap efektif, kita hanya duduk dan memegang gadget,  komunikasi antar penjual dan pembeli sudah dapat dilakukan. Nah, tetapi kita tetap harus bijak sebagai pengguna media sosial. Jangan jadikan media sosial sebagai bahan penipuan dengan berkedok menjadi penjual yang ingin mengiklankan jualannya melalui akun seseorang yang telah dikenal masyarakat luas. Tetap berhati- hati dan gunakan internet sebagaimana mestinya, memudahkan komunikasi dengan banyak orang di waktu yang singkat.

No comments:

Post a Comment

Instagram